Anggota DPR Termuda, Annisa Maharani, Putri Aktivis 1998 yang Lolos ke Senayan

mediasurya

Mediasurya, Jakarta – Annisa Maharani Alzahra Mahesa, perempuan berusia 23 tahun, resmi menjadi anggota DPR RI periode 2024-2029. Ia tercatat sebagai legislator termuda di Senayan. Annisa merupakan putri sulung dari almarhum Desmond Junaidi Mahesa, mantan aktivis 1998 yang pernah menjadi korban penculikan oleh Tim Mawar.

Desmond Junaidi Mahesa dikenal luas sebagai Ketua Lembaga Bantuan Hukum Nusantara yang kritis terhadap rezim Orde Baru. Pada 1998, Desmond bersama Pius Lustrilanang sempat diculik, yang kemudian memicu gelombang protes dari aktivis lainnya. Setelah pembebasannya, Desmond aktif di berbagai organisasi masyarakat sipil hingga akhirnya bergabung dengan Partai Gerindra pada 2009 dan terpilih sebagai anggota DPR RI selama dua periode.

Annisa, lulusan Universitas Melbourne pada 2023, mengikuti jejak ayahnya dalam dunia politik. Ia bergabung dengan Partai Gerindra dan menjadi Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah Banten setelah sang ayah meninggal dunia pada 2023. Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, Annisa mendapatkan suara terbanyak di Daerah Pemilihan (Dapil) Banten II, dengan total 122.470 suara, mengungguli sejumlah politisi senior.

Selain Annisa, riset Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) mencatat bahwa ada 79 anggota DPR terpilih yang terafiliasi dengan elite partai dan memiliki kekerabatan dengan pejabat publik. Fenomena ini mencerminkan kuatnya pengaruh politik dinasti di Indonesia, terutama di wilayah Jawa Barat, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara.