Berita  

Pembangunan IKN Dihentikan Sementara pada 10 Agustus 2024, Kenapa?

mediasurya
Pembangunan IKN Dihentikan Sementara pada 10 Agustus 2024, Kenapa?
Pembangunan IKN Dihentikan Sementara pada 10 Agustus 2024, Kenapa?

Mediasurya.com – Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan dihentikan sementara pada 10 Agustus 2024. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan alasan di balik keputusan ini, yakni untuk persiapan kedatangan Paskibraka dan pembersihan kawasan menjelang upacara HUT Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024.

“Tanggal 10 Agustus semua Paskibraka sudah bergerak ke sana. Makanya, tanggal 10 Agustus, saya hentikan semua pekerjaan yang membutuhkan mobilitas di luar patching plan, karena saya bersihkan dulu kawasannya,” ujar Basuki, dikutip dari Antaranews.

Penghentian sementara ini bertujuan memastikan kawasan IKN bersih dan siap menyambut upacara kemerdekaan RI. Langkah ini diambil agar tempat berlangsungnya upacara terbebas dari debu dan gangguan lainnya, memberikan kenyamanan maksimal bagi peserta dan tamu undangan.

Meskipun pekerjaan di luar dihentikan sementara, pemasangan interior akan tetap berlanjut. Basuki menambahkan, Istana Presiden dan kantor-kantor Menteri Perekonomian yang terdiri dari empat tower sebagian besar sudah siap digunakan.

“Dari 47 tower untuk tempat tinggal Aparatur Sipil Nasional (ASN), 12 tower akan selesai furnished sehingga dapat dimanfaatkan oleh peserta upacara,” kata Basuki.

Basuki juga menjelaskan perkembangan infrastruktur lainnya. “Rencananya, 15 Juli ini air minum sudah bisa masuk ke IKN. Nanti tanggal 19 (Juli) saya akan cek ke sana,” tambahnya.

Keputusan ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam memastikan setiap detail acara kenegaraan berjalan lancar di IKN Nusantara. Penghentian sementara ini adalah bagian dari langkah strategis untuk mempersiapkan ibu kota baru sebagai pusat pemerintahan yang siap menghadapi masa depan.