Maksimalkan Penyerapan Anggaran 2024, DPRD Barsel Beri Dorongan Kuat kepada Pemkab

mediasurya
Maksimalkan Penyerapan Anggaran 2024, DPRD Barsel Beri Dorongan Kuat kepada Pemkab
Maksimalkan Penyerapan Anggaran 2024, DPRD Barsel Beri Dorongan Kuat kepada Pemkab

Mediasurya.com – Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan, Jarliansyah, meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan melalui Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) lingkup Pemkab Barsel untuk memaksimalkan penyerapan anggaran tahun 2024.

“Kami berharap SOPD lingkup Pemkab Barsel untuk memaksimalkan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2024 ini,” ujar Jarliansyah kepada wartawan, Rabu (10/7).

Politisi PDIP Barsel tersebut sangat menyayangkan bahwa Pemkab Barsel beberapa tahun terakhir selalu tidak mencapai target penyerapan anggaran sesuai dengan rencana dari Pemprov Kalteng.

Dimana serapan anggaran SOPD lingkup Pemkab Barsel pada triwulan pertama tidak mencapai 25 persen, triwulan kedua tidak mencapai 50 persen, triwulan ketiga tidak mencapai 85 persen, dan pada bulan November tidak mencapai 100 persen.

Penyerapan anggaran yang menumpuk di akhir tahun menjadi masalah yang perlu diatasi. Oleh sebab itu, Jarliansyah meminta Pemkab Barsel agar serapan anggaran pada triwulan pertama 2024 sesuai target, begitu juga pada triwulan ketiga dan keempat nanti.

Idealnya, serapan anggaran triwulan pertama sebesar 25 persen, triwulan kedua 50 persen, triwulan ketiga 85 persen, dan triwulan keempat 100 persen.

“Kita juga sangat mendukung sikap Pj Bupati Barsel untuk terus mendorong SOPD lingkup Pemkab Barsel memaksimalkan penyerapan anggaran tahun 2024 ini,” ujar Jarliansyah.