Pemilu  

Ketua DPP PDI-P: Keputusan Ahok di Pilkada Jakarta Tunggu Rapat DPP

mediasurya
Ketua DPP PDI-P Keputusan Ahok di Pilkada Jakarta Tunggu Rapat DPP
Ketua DPP PDI-P Keputusan Ahok di Pilkada Jakarta Tunggu Rapat DPP

Mediasurya.com – Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) bidang Sumber Daya, Said Abdullah, mengungkapkan bahwa keputusan terkait pengusungan calon pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024 masih menunggu hasil rapat DPP. Rapat ini akan dipimpin oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Said Abdullah menjelaskan bahwa keputusan mengenai siapa yang akan diusung PDI-P dalam Pilkada Jakarta belum diambil, termasuk mengenai Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Rapat DPP akan menentukan calon yang akan diusung untuk Pilkada Jakarta, namun waktu pelaksanaan rapat tersebut belum ditentukan.

Said berharap rapat DPP dapat dilaksanakan dalam waktu dekat karena pendaftaran calon kepala daerah akan dimulai pada 27 Agustus 2024. Ia juga menyebutkan bahwa PDI-P harus mengurus pengusungan calon di 514 kabupaten/kota serta 38 provinsi.

Survei Litbang "Kompas": Anies dan Ahok Difavoritkan Kembali Maju di Jakarta, tapi 30 Persen Responden Belum Menjawab
Survei Litbang “Kompas”: Anies dan Ahok Difavoritkan Kembali Maju di Jakarta, tapi 30 Persen Responden Belum Menjawab

Hasil Survei: Ahok Masih Populer

Dalam survei Litbang Kompas periode Juni 2024, Ahok menempati posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 20 persen, di bawah Anies Baswedan yang memperoleh 29,8 persen. Ridwan Kamil berada di posisi ketiga dengan 8,5 persen. Survei juga menunjukkan bahwa 34,5 persen responden pasti akan memilih Ahok jika dia dicalonkan, meski angka ini masih tertinggal dari Anies Baswedan yang memiliki 39 persen strong voters.

Said Abdullah mengakui bahwa elektabilitas Ahok menunjukkan adanya kerinduan publik Jakarta terhadap pemimpin yang tegas dan berintegritas. Meski demikian, tidak ada keputusan resmi mengenai pencalonan Ahok untuk Pilkada Jakarta dari PDI-P.